Jumat, 21 April 2017

banua press

Ini Dia Fakta-Fakta Patung Pancoran yang Wajib Disimak

Fakta-fakta Patung Pancoran memang banyak menarik perhatian warga ibu kota. Patung ini merupakan salah satu landmark di Jakarta yang terkenal. Patung yang terletak di Pancoran, Jakarta Selatan ini juga sering menjadi ikon kota Jakarta. Namun, masih banyak yang belum tahu fakta-fakta Patung Pancoran ini. Untuk mengobati rasa penasaranmu tentang patung ini, berikut adalah beberapa fakta tentang patung ini buat kamu.


1. Nama Asli Patung Pancoran
Patung ini dikenal sebagai “Patung Pancoran” karena letakknya yang ada di wilayah Pancoran. Banyak perantau yang sedang cari kost di Jakarta juga hanya mengenal patung ini dengan sebutan Patung Pancoran. Padahal, nama asli patung yang bentuknya menyerupai seorang atlet ini adalah Patung Dirgantara. Penggagas pembuatan patung ikonik ini adalah presiden Republik Indonesia yang pertama yaitu Ir. Soekarno. Patung ini dibuat untuk menggambarkan kekuatan dunia kedirgantaraan Indonesia atau dunia penerbangan di negeri ini. Bung Karno berharap anak-anak muda yang melihat patung ini akan memiliki semangat dan keberanian untuk menjelajah angkasa. Inilah mengapa patung ini diberi nama Patung Dirgantara oleh sang presiden.

2. Model Patung Pancoran
Patung Pancoran ini dibuat oleh seniman Edhi Sunarso. Saat diberi tugas oleh Bung Karno untuk membuat patung ini, Edhi Sunarso sempat kebingungan tentang bagaimana bentuk patung yang diinginkan oleh Bung Karno. Alhasil, Bung Karno sendiri harus berkali-kali memperagakan bagaimana bentuk patungnya harus berdiri. Bentuk patung pun akhirnya disketsa sesuai dengan gaya Bung Karno ketika memperagakan bentuk patung.

3. Biaya Pantung Pancoran
Pembuatan patung ini dimulai pada tahun 1964. Di jaman itu, biaya pembuatan patung ini dikenal sangat mahal yaitu sebesar 12 juta Rupiah. Untuk mewujudkan berdirinya patung ini, Presiden Soekarno dan Edhi Sunarso sama-sama harus merogoh kocek pribadinya. Bung Karno dikabarkan sampai menjual sebuah mobil pribadinya. Sedangkan Edhi Sunarso menanggung biaya pembuatan awal patung ini. Konon, pemerintah hanya membayar biaya pembuatan patung ini sebesar 5 juta Rupiah saja. Sisa biaya ditanggung oleh Bung Karno dan Edhi Sunarso.

4. Hadirnya Presiden di Saat Pemasangan Patung
Selama proses pembuatan patung hingga proses pemasangan patung, Presiden Soekarno dikabarkan sangat sering hadir memantau. Bahkan di proses pemasangan patung, presiden Soekarno memaksa untuk menunggui proses pemasangan. Alhasil, kehadiran sang Presiden ini cukup merepotkan aparat negara yang harus bertugas menjaga keamanan presiden.

5. Bahan Pembuatan Patung Pancoran
Banyak yang penasaran dengan bahan pembuatan Patung Pancoran. Ada yang bilang jika patung ini terbuat dari emas. Namun, rumor itu tidak benar karena Patung Pancoran sebenarnya terbuat dari bahan perunggu. Bahan perunggu dipilih karena lebih kuat. Untuk membuat Patung Pancoran, tim pembuat patung membutuhkan lebih dari 11 ton perunggu. Perunggu seberat ini terbagi dalam berbagai potongan yang beratnya masing-masing lebih dari 1 ton.

6. Makna Patung Pancoran
Bentuk Patung Pancoran yang menyerupai atlet yang sedang melempar cakram ini dinilai memiliki makna filosofis yang dalam. Menurut Ir. Soekarno, patung ini melambangkan keberanian dan kesatriaan bangsa Indonesia yang didasarkan pada sidat jujur, berani, dan semangat.

Nah, unik bukan fakta-fakta Patung Pancoran ini. So, kamu yang tinggal di daerah Pancoran atau anak kost yang tinggal di kost Tebet dan sekitarnya wajib sesekali mengunjungi patung ini. Landmark di Jakarta Selatan ini ternyata gak cuma sekedar patung saja, kan? Banyak makna filosofis yang terkandung di dalamnya.