Selasa, 27 Februari 2018

The Writer

Burning Man, Festival Unik di USA untuk Kreativitas tanpa Batas


Amerika Serikat dikenal sebagai negara adidaya yang populasinya banyak. Namun, siapa sangka di negara maju ini juga ada festival unik yang bisa Anda temukan. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk ke Amerika, sebaiknya Anda memiliki travel insurance terlebih dulu. Gunanya, untuk melindungi Anda bila terjadi hal-hal buruk seperti pesawat delay. 

Salah satu festival yang diadakan di Amerika Serikat setiap tahunnya adalah festival Burning Man. Namanya memang mengerikan. Tapi tenang, ini tidak semengerikan yang Anda bayangkan. Malah, festival ini sangat keren karena menghadirkan kreativitas tanpa batas. Nah, mau tahu lebih banyak mengenai festival ini? Cek di sini! 

Diadakan di Nevada 

Setiap tahunnya, selama seminggu di musim panas, ada setidaknya 70.000 orang berkumpul di gurun Nevada untuk melakukan festival Burning Man ini. Mereka semua mengenakan pakaian yang tak biasa, misalnya saja dengan menggunakan lukisan pada wajahnya sebagai hiasan dan masih banyak lagi. 

Semua orang ini akan berkumpul di Black Rock City, sebuah ‘kota metropolitan sementara’ di padang pasir yang dijadikan tempat acara Burning Man berlangsung. Dalam acara ini, para peserta bisa menciptakan festival seni terbesar sambil dikelilingi berbagai seni instalasi interaktif raksasa seperti berbagai jenis patung dan lainnya. 

Uniknya, kebanyakan dari para peserta ini tidak menggunakan pelindung mata. Padahal, sewaktu-waktu di gurun ini bisa saja terjadi badai pasir yang dahsyat. Festival Burning Man ini telah dilakukan sejak tahun 1986 dan terus berlangsung saat ini. Nah, bila Anda ke sini, sebaiknya lengkapi diri dengan travel insurance dan peralatan keamanan seperti kacamata. 

Festival Kaum Hippie 

Ada orang yang berpendapat bahwa festival ini hanyalah sebuah festival radikal belaka, namun sebenarnya festival ini lebih pada pertemuan kaum hippie di Amerika. Namun, jangan salah. Festival ini sangat terkenal di Amerika. Bahkan, saking terkenalnya, ada banyak artis yang ikut merayakan festival ini. 

Misalnya saja pada tahun festival yang diadakan tanggal 4 September 2017 lalu, festival ini mendatangkan beberapa artis kenamaan seperti Katy Pery, Will Smith, Larry Page Google, serta Elon Musk. Anda yang datang ke sini juga harus membayar tiket masuk sebesar 425 dolar Amerika per orang. 

Di antara kreativitas yang ditampilkan oleh festival ini adalah seni instalasi, aneka kendaraan modifikasi, musik, pertunjukan tari, hingga kreasi yang terinspirasi dari karya-karya Leonardo da Vinci. Semua pengunjung diberi kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai bentuk seni yang sesuai dengan tema yang ada setiap tahunnya. 

Tak Hanya Festival, Tapi Juga Soal Uang 

Makin ke sini, nyatanya festival ini tak hanya bertujuan untuk mengembangkan kreativitas para peserta, namun juga bicara soal uang. Pasalnya, festival ini dijalankan sebagai organisasi nirbala yang setiap tahunnya bisa mendapatkan pemasukan sekitar 37,5 miliar dolar Amerika. 

Meski begitu, Anda tetap bisa menikmati festival ini. Nama Burning Man sendiri sebenarnya berasal dari simbolik pembakaran kayu yang di tempat khusus dan biasanya dilakukan pada Sabtu Malam sebelum festival berakhir. Simbolik kayu ini biasanya adalah sebuah karya dari peserta Burning Man. 

Nah, sudah tahu lebih banyak mengenai festival Burning Man ini, kan? Bila Anda tertarik untuk ikut, sebaiknya Anda harus memiliki travel insurance terlebih dulu. Selain untuk menjaga keamanan Anda selama di negeri orang, Anda juga tak bisa memprediksi hal-hal buruk yang bisa menimpa Anda kapan saja, kan?