Selasa, 20 Maret 2018

The Writer

Ingin Tidak Rugi Ketika Membeli Iphone 6 Second? Ini Dia Tips Jitunya!


Ponsel pintar memang merupakan jenis ponsel yang paling banyak digunakan di Indonesia. Hal tersebut karena jenis ponsel ini memiliki kegunaan yang lebih banyak jika dibanding dengan tipe ponsel lainnya. Selain itu, ponsel pintar sekarang ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan juga teknologi yang lebih canggih serta memudahkan hidup dan pekerjaan para penggunanya. Namun, semakin canggih teknologi yang dimiliki oleh sebuah ponsel, maka harganya juga akan semakin mahal. Tentunya, tidak semua masyarakat Indonesia memiliki kemampuan untuk membeli ponsel tersebut. Tapi, tidak perlu khawatir, Anda bisa mendapatkan ponsel canggih dengan harga yang terjangkau dengan membeli barang second-nya. Namun, jangan sembarangan jenis ponsel second yang Anda beli. Setidaknya, Anda harus membeli ponsel iPhone 6 yang memiliki teknologi canggih dan juga harganya terjangkau saat ini. Namun, agar tidak merugi, Anda harus memperhatikan hal ini ketika akan membelinya: 

1. Masih Memiliki Garansi 
Hal paling pertama yang harus Anda tanyakan ketika akan membeli ponsel second atau bekas pakai orang lain adalah apakah ponsel tersebut masih mempunyai garansi resmi atau tidak. Baik membeli secara langsung atau pun melalui situs jual beli online, Anda harus tetap menanyakannya. Anda harus hati-hati karena sekarang ini masih ada ponsel bekas servis atau bekas dibongkar bagian luarnya, namun mesinnya masih menggunakan yang lama. Untuk itu, belilah di situs belanja online terpercaya yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. 

2. Nomor IMEI 
Jika Anda sudah menemukan ponsel yang diinginkan dan memiliki bodi dan prosesor yang baik meski barang tersebut adalah barang second, namun Anda harus tetap hati-hati agar tidak merugi. Anda harus mengecek nomor IMEI dari ponsel pintar tersebut. Hal ini sangat penting karena dapat digunakan untuk melihat dengan jelas status ponsel tersebut, apakah benar masih ada garansi resmi atau ponsel tersebut merupakan ponsel merek Apple yang asli atau yang palsu. Selain itu, cek juga kondisi handphone tersebut sampai Anda yakin. 

3. Kondisi Fisik 
Memang hal ini terlihat sepele, namun sebelum Anda membeli iPhone 6 second, perhatikanlah kondisi fisik ponsel tersebut. Tentu saja hal tersebut dapat mempengaruhi harga jualnya. Jika memiliki banyak goresan atau bekas-bekas tidak jelas, Anda pun dapat melakukan negosiasi agar harga yang Anda dapatkan akan jauh lebih menguntungkan. Jika Anda memilih untuk membelinya melalui jual beli online, maka Anda harus meminta pembelinya untuk memberikan barang secara COD atau ambil barang dan bayar di tempat. Hal ini juga pastinya akan lebih aman dan menghindarkan Anda dari terjadinya penipuan. 

4. Cek Fitur 
Selain kondisi fisiknya, Anda juga harus mengecek semua fitur yang ditawarkan oleh ponsel pintar tersebut. Anda bisa mulai mengeceknya dari ke sensitivitas layar sentuhnya, lalu mengecek light sensor-nya apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, mengecek konektivitasnya seperti jaringan WiFi, Bluetooth, dan juga GPS, mengecek kondisi kamera apakah masih bagus atau mengalami masalah, mengecek fitur speaker dan mic pada ponsel, dan juga mengecek kesehatan dari baterai ponsel. 

5. Software 
Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli iphone 6 second adalah dengan mengecek software yang ada di dalamnya. Software paling penting dalam setiap ponsel keluaran Apple ini adalah iCloud. Pastikan jika iCloud tersebut kosong ketika akan Anda beli. Jika sudah terisi dan tidak bisa dikosongkan, maka akan lebih baik untuk tidak membeli ponsel tersebut karena pastinya data Anda dan data lama akan tertabrak dan menjadi berantakan.